Tips Dan Trik Cantik Sehat Secara Alami

Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Langsing

Metabolisme adalah sebuah proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup bukan hanya manusia. Proses ini membutuhkan energi tertentu dan akan membawa pengaruh terhadap kondisi tubuh. Metabolisme yang lamban akan membawa efek kurang baik bagi kesehatan sehingga usaha untuk melancarkan metabolisme memang perlu dilakukan jika menginginkan badan yang lebih sehat.

Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Langsing

Benarkah idiom yang berlaku selama ini bahwa proses metabolisme mempengaruhi berat badan seseorang. Dikatakan bahwa proses metabolisme tubuh yang terhambat akan membuat badan menjadi lebih gemuk karena zat-zat dalam makanan yang dicerna tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Jika benar seperti itu lalu bagaimana cara untuk melancarkan metabolisme agar berat badan tetap stabil? Ikuti cara dibawah ini.

Cara Mudah Melancarkan Metabolisme Tubuh


Menambah Jumlah Konsumsi Protein

Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Langsing

Dalam proses untuk mencerna protein tubuh memerlukan energi lebih banyak untuk melakukannya. Hal ini akan membuat tubuh lebih banyak menggunakan kalorinya untuk melakukan proses tersebut. Kalori yang banyak digunakan akan mengurangi jumlah sisa lemak yang akan disimpan dalam tubuh yang bisa menyebabkan kegemukan.

Konsumsi Teh Hijau

Catheyin, zat aktif yang terkandung di dalam teh hijau terbukti bisa melancarkan metabolisme sebanyak 4% hingga 5% dalam tubuh. Selain itu teh hijau bisa membantu membakar lemak sebesar 10% bahkan lebih dengan mengubahnya menjadi asam lemak bebas.

Konsumsi Makanan Yang Pedas

Makanan pedas yang mengandung cabai atau lada otomatis memiliki kandungan zat capcaisin yang ternyata bisa melancarkan metabolisme meskipun efeknya tidak terlalu besar. Konsumsi makana yang pedas juga bisa membantu  membakar kalori tubuh hingga 10 kali lebih besar dalam sekali waktu makan.

Konsumsi Minyak Kelapa

Gantilah penggunaan minyak sawit dengan minyak kelapa yang akan menekan rasa lapar lebih lama. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi metabolisme tubuh tapi cara ini bisa membantu menekan kenaikan berat badan.

Tidur Dengan Waktu Yang Benar

Orang cenderung mengabaikan waktu tidurnya dan menganggap hal tersebut sebagai hal yang tidak penting. Padahal waktu tidur yang tidak teratur atau tidur terlalu larut malam akan memicu produksi hormon tubuh yang bisa menyebabkan rasa lapar. Kurang tidur membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang akan menyebabkan orang merasa lapar terus menerus.

Lakukan Olahraga Dengan Intensitas Tinggi

Cara melancarkan metabolisme yang selanjutnya adalah dengan mencoba melakukan latihan-latihan dengan intensitas tinggi atau sedang sehingga proses pengolahan makanan dalam tubuh bisa lebih sempurna dengan pembakaran yang baik. Olahraga akan membantu pembakaran lemak dan kalori sehingga tidak akan disimpan di dalam tubuh.

Lakukan Olahraga Angkat Beban

Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Langsing

Prisipnya hampir sama dengan olahraga intensitas sedang atau tinggi di atas. Dengan olahraga angkat beban maka jumlah kalori yang dibakar akan lebih banyak.

Banyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia adalah komponen cairan atau air. Tanpa kita sadari bahwa ternyata minum air putih terlebih air dingin akan membantu melancarkan metabolisme. Air dingin yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh meningkatkan suhunya dan itu akan membutuhkan banyak kalori. Selain itu air putih akan membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh serta membuat perut kenyang lebih lama.

Meskipun metabolisme bukanlah satu-satunya faktor yang bisa mempengaruhi berat badan tetapi metabolisme yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih fit. Berat badan sendiri juga dipengaruhi oleh gaya hidup, usia, kondisi hormonal dan tentunya genetika.
0 Komentar untuk "Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Langsing"

Back To Top