Tips Dan Trik Cantik Sehat Secara Alami

Simak Diet Bagi Penderita Diabetes yang Benar

Penyakit diabetes banyak diderita oleh orang Indonesia bahkan anak-anak juga sekarang banyak yang sudah memiliki risiko diabetes. Diabetes memiliki 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Yang memprihatinkan adalah Indonesia masuk sebagai 10 besar negara dengan penderita diabetes terbanyak. Mayoritas disebabkan oleh kesalahan pola makan sehingga sangat perlu dilakukan diet diabetes agar jumlah risiko bisa dikurangi.

 Simak Diet Bagi Penderita Diabetes yang Benar

Beberapa gejala diabetes yang bisa dikenali dan harus membuat kita waspada anatara lain adalah mudah merasa haus, rasa lapar yang sangat ekstrim, sering buang air kecil, berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas dan berkurangnya massa otot. Jika anda merasa mengalami hal-hal seperti itu maka segeralah kunjungi dokter dan lakukan diet diabetes seperti berikut.

Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Dalam Diet Diabetes


Brokoli

Brokoli mengandung suatu zat yang bisa memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak akibat penyakit diabetes. Zat tersebut adalah sulforaphane. Senyawa ini juga mengandung zat anti inflamasi yang akan membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Brokoli juga mengandung senyawa kromium yang akan membantu kinerja hormon insulin.

Bayam



Sayur bayam kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes seperti potasium. Selain itu juga kaya akan kandungan asam folat, seng, magnesium, fosfor dan juga senyawa lutein yang merupakan mineral penting bagi penderita diabetes. Bayam juga mengandung vitamin K yang berperan dalam pembekuan darah karena seperti kita ketahui penderita diabetes jika terluka maka lukanya akan sulit kering.

Oatmeal

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengkonsumsi karbohidarat karena bisa meningkatkan kadar glukos dalam tubuh. Salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi diabetes adalah oatmeal. Oatmeal mengandung biji utuh yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan memiliki serat larut yang tinggi. Serat yang tinggi akan mampu memperlambat proses pencernaan yang akan mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Ikan

Ikan merupakan sumber lemak omega 3 yang baik yang merupakan zat anti peradangan atau anti inflamasi. Kondisi peradangan yang terjadi pada penderita diabetes akan memperburuk penyakitnya sehingga dengan adanya zat anti inflamasi diharapkan akan mencegah peradangan terjadi. Tapi ingat hindari cara mengolah ikan dengan menggoreng dan ganti dengan cara kukus atau rebus.

Minyak Zaitun

Yang juga tidak boleh ketinggalan dalam menu diet diabetes adalah minyak zaitun. Fungsinya adalah untuk mengurangi resistensi tubuh terhadap insulin, mengurangi penumpukan lemak di bagian perut dan untuk menurunkan zat adiponektin. Minyak zaitun juga adalah sumber antioksidan yang sangat baik.

Kacang-kacangan

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk hanya konsumsi makanan dengan kadar glikemik indeks (GI) yang rendah. Salah satu sumber makanan dengan GI rendah adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga mengandung serat tinggi yang baik bagi diabetes. Dianjurkan untuk secara rutin konsumsi kacang-kacangan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung antisianin yang membawa warna oranye pada dagingnya. Antisianin merupakan golongan antioksidan yang sangat besar manfaatnya sebagai anti peradangan dan anti mikroba. Kadar GI ubi jalar lebih rendah dari kentang sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Kayu Manis

 Simak Diet Bagi Penderita Diabetes yang Benar

Kayu manis masuk ke dalam menu diet diabetes karena terbukti bisa menurunkan kadar glukosa darah sebanyak hingga 30% jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Hal ini disebabkan oleh zat kromium yang ada di dalam kayu manis yang fungsinya meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh.
0 Komentar untuk " Simak Diet Bagi Penderita Diabetes yang Benar "

Back To Top