Tips Dan Trik Cantik Sehat Secara Alami

Ketahui Jenis Diet Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Mendengar kata diet pastilah yang terlintas di pikiran pertama kali adalah upaya untuk membuat tubuh menjadi kurus atau langsing. Sebuah definisi yang salah kaprah sejak lama di dalam masyarakat kita. Kemudian dengan semakin banyaknya jenis diet yang bisa dilakukan orang menjadi berlomba-lomba untuk berdiet tanpa memahami terlebih dahulu sebenarnya apa tujuan dan definisi dari diet itu sendiri.

 Ketahui Jenis Diet Beserta Kekurangan dan Kelebihannya


Lebih salah kaprah lagi ketika orang dengan sembarangan termakan iklan obat pelangsing dan dengan sembarangan mengkomsumsinya begitu saja tanpa bertanya kepada ahlinya. Bukan langsing yang didapat justru rasa sakit yang akan datang. Jenis diet dengan menggunakan obat sangat tidak disarankan karena itu merupakan upaya pemaksaan pada sistem pencernaan tubuh yang tidak benar. Akibatnya bisa saja organ dalam pencernaan menjadi luka seperti tukak lambung atau peradangan usus.

Sebelum memutuskan untuk menjalani program diet ketahui dulu apa sebenarnya diet itu. Diet bukan berarti mengurangi makanan atau malah tidak makan sama sekali. Arti diet yang benar adalah pengaturan makanan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dari tubuh itu sendiri. Setelah memahami apa sebenarnya diet baru cari tahu kira-kira diet yang bagaimana yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan dan tubuh kita. Simak berbagai macam jenis diet dibawah ini.

Jenis Diet Populer Saat Ini


Diet Ketogenik

 Ketahui Jenis Diet Beserta Kekurangan dan Kelebihannya


Pernah mendengar kata diet keto? Diet yang satu ini sedang booming saat ini dan cukup banyak dilakukan olah kalangan selebritis. Pada prinsipnya diet keto ini adalah pola makan dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk dan menambahkan jumlah lemak dalam konsumsi makanan kita. Tapi ingat yang dimaksud lemak disini adalah lemak yang sehat biasanya berasal dari bahan nabati seperti kacang-kacangan. Diet keto ini juga bisa sebagai metode pengobatan pada penderita epilepsi.

Kelebihan 

Bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif cepat serta mampu menjaga berat badan tetap stabil dalam jangka waktu cukup lama sehingga cocok untuk mereka yang mengalami masalah obesitas.

Kekurangan 

Karena caranya adalah dengan pengurangan konsumsi karbohidrat yang sangat ekstrim maka di kalangan ahli kesehatan diet keto ini dinilai tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan harus dilakukan dengan pengawasan ahli. Jika dilakukan dalam waktu yang lama maka jenis diet ini bisa merusak otot termasuk merusak otot pada jantung.

Diet South Beach

 Ketahui Jenis Diet Beserta Kekurangan dan Kelebihannya


Jenis diet yang satu ini juga sedang banyak diperbincangkan dan mulai banyak dipilih orang. Diet ini sangat bagus bagi penderita penyakit jantung dan mereka yang memiliki risiko penyakit jantung. Diet ini dengan cara menghindari bahan makanan karbohidrat yang memiliki glikemik indeks (GI) yang tinggi seperti nasi putih.

Kelebihan

Sudah dijelaskan bahwa tipe diet ini baik untuk para penderita gangguan jantung dan mereka yang memiliki risiko penyakit jantung.

Kekurangan

Kekurangan dari diet ini adalah bisa membuat tubuh kekurangan zat-zat gizi tertentu yang sebenarnya juga sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti serat dan sumber energi.

Diet Mediterania
Awalnya dilakukan oleh orang-orang yang hidup di daratan mediterania seperti Yunani. Caranya adalah dengan mengkonsumsi yogurt dan keju sebagai hidangan utama. Selanjutnya dilengkapi dengan lemak baik yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian atau minyak zaitun. Pernah melihat iklan dari sebuah produk yogurt yang mengatakan bahwa rahasia awet muda orang Yunani adalah dengan mengkonsumsi susu fermentasi.

Kelebihan 

Bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol, efektif menurunkan berat badan dan bisa mencegah datangnya penyakit kanker.

Kekurangan

Meski belum ada efek negatif yang serius dari jenis diet ini tetapi kita harus sangat memperhatikan jumlah kalori dari lemak baik yang dikonsumsi saat menjalani diet ini.

Diet Atkins

Mirip dengan jenis diet South Beach dimana tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan kadar insulin dalam darah. Dengan pola makan dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan menggantinya dengan konsumsi sebanyak mungkin protein dan lemak. Diet ini disebut juga dengan diet tinggi lemak.

Kelebihan

Mampu mengurangi berat badan dalam waktu singkat dan menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, tekanan darah tinggi dan sindrom metabolisme.

Kekurangan

Bisa membuat badan menjadi lemas, mengalami rasa mual,sakit kepala, lelah dan diare sehingga tidak disarankan bagi ibu menyusui, orang dengan sakit ginjal dan orang yang sedang mengkonsumsi obat diabetes.
0 Komentar untuk " Ketahui Jenis Diet Beserta Kekurangan dan Kelebihannya"

Back To Top