Tips Dan Trik Cantik Sehat Secara Alami

Seluk Beluk Diet Golongan Darah, Apakah Efektif Bagi Tubuh?

Golongan darah manusia dibagi menjadi empat jenis yaitu golongan darah A, B ,AB dan O. Masing-masing orang bisa saja memiliki kesamaan golongan darah terlebih jika berada di dalam satu garis keturunan keluarga. Peter D’Amo mencetuskan sebuah ide tentang diet golongan darah yang didasari keyakinan bahwa setiap golongan darah memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Seluk Beluk Diet Golongan Darah, Apakah Efektif Bagi Tubuh?

Berangkat dari keyakinan bahwa golongan darah bisa mempengaruhi sistem pencernaan maka dirancanglah sebuah metode diet golongan darah yang konon katanya sangat efektif. Diet ini disusun berdasarkan golongan darah pelakunya, makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi olehnya. Lebih lengkapnya tentang metode diet berdasarkan golongan darah akan dibahas dibawah ini.

Cara Diet Golongan Darah A


Makanan Yang Disarankan

Untuk golongan darah A hindari konsumsi daging dan jadilah vegetarian. Jenis makanan utama bagi golongan darah A yang dianjurkan adalah kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan dan juga biji-bijian.

Makanan Yang Dihindari

Sebaiknya golongan darah A jangan konsumsi mentega, keju, kentang, tomat juga terong. Jangan juga minum minuman bersoda, susu dan es krim.

Olahraga Yang Disarankan

Bagi anda pemilik golongan darah A maka sebaiknya lakukan jenis olahraga yang sifatnya menenangkan seperti yoga atau juga golf.

Golongan Darah B

Seluk Beluk Diet Golongan Darah, Apakah Efektif Bagi Tubuh?

Makanan Yang Disarankan

Diet golongan darah B yang cocok adalah dengan anjuran jenis makanan seperti telur, daging merah, produk susu rendah lemak dan juga sayuran hijau.

Makanan Yang Dihindari

Pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi jenis makanan antara lain daging ayam, gandum, wijen dan beberapa sayuran seperti tomat.

Olahraga Yang Disarankan

Olahlaga yang tepat bagi pemilik golongan darah B adalah yang memiliki intensitas sedang seperti jalan kaki dan main tenis.

Golongan Darah AB


Makanan Yang Disarankan

Jika anda orang dengan golongan darah AB maka disarankan untuk konsumsi makanan dari laut sebagai menu utama. Ditambah dengan protein nabati seperti tahu, olahan susu dan juga berbagai jenis sayuran hijau.

Makanan Yang Dihindari

Diet golongan darah AB dianjurkan untuk menghindari jenis susu segar baik sapi atau kambing juga susu kental manis. Dilarang juga makan daging sapi, daging kambing dan daging merah lainnya.

Olahraga Yang Disarankan

Karena merupakan perpaduan sifar golongan darah A dan B maka olahraga bagi pemilik golongan darah AB adalah olahraga dengan intensitas tenang sampai menengah.

Golongan Darah O

Seluk Beluk Diet Golongan Darah, Apakah Efektif Bagi Tubuh?

Makanan Yang Disarankan

Jika golongan darah yang lain kebanyakan dilarang untuk konsumsi makanan hewani maka golongan darah O malah sebaliknya. Mereka dianjurkan untuk konsumsi makanan tinggi protein seperti daging merah dan daging unggas-unggasan (ayam dan bebek).

Makanan Yang Dihindari

Meskipun disarankan makanan tinggi protein tetapi golongan darah O tidak dianjurkan untuk makan lobster, ikan tuna dan juga udang. Makanan lainnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah rumput laut, kacang polong dan kedelai.

Olahraga Yang Disarankan

Olahraga yang pas adalah jenis olahraga yang memerlukan ketahanan seperti lari atau angkat beban.

Risiko Diet Golongan Darah

Diet golongan darah tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh mereka yang mengidap penyakit tertentu. Kenapa? Karena cara diet ini hanya mempertimbangkan golongan darah saja tanpa melihat kondisi lainnya yang ada pada seseorang. 

Efektifkah Diet Golongan Darah?

Sejauh ini belum ada penelitian yang hasilnya bisa menjadi bukti yang kuat pada keefektifan diet golongan darah tersebut. Jika adan yang berhasil menurunkan berat badan itu semata-mata karena orang tersebut telah melakukan pembatasan jenis makanan yang dia konsumsi bukan karena diet golongan darah yang dilakukan.
0 Komentar untuk "Seluk Beluk Diet Golongan Darah, Apakah Efektif Bagi Tubuh?"

Back To Top